Stay Connected
Need Help? Call +62-21-8356113
Extended Warranty
Softube Console 1: Analog Workflow in Digital Realm

Peran Digital Audio Workstation (DAW) sebagai platform utama dalam audio production pastinya membawa banyak perubahan dalam workflow atau cara bekerja para musisi/engineer dalam proses produksi. Begitu pula halnya dengan proses mixing. Ketika kita kembali pada masa analog (pre-DAW), signal audio yang akan kita mix tentu tidak memiliki tampilan visual seperti layaknya pada DAW. Jadi, anda lebih menggunakan telinga tanpa adanya ‘visual distraction’ yang mungkin dapat memecah konsentrasi anda.

Selain itu, workflow analog yang mengharuskan engineer berinteraksi dengan knob outboards ataupun console fader tentu membuat proses mixing analog menjadi lebih ‘bernyawa’ dan menyenangkan. Sangat berbeda ketika dibandingkan dengan proses mixing digital yang hanya menggunakan mouse untuk mengatur parameter plug-ins ataupun DAW mixer. Tentu tidak dapat dipungkiri bahwa kehadiran DAW controller ataupun plug-ins controller cukup membantu dalam menghadirkan ‘feel’ analog mixing. Tapi, ketika kita bicara soal ‘the real analog workflow’ dalam dunia digital audio, Softube Console 1 mungkin dapat menjadi solusi untuk anda.

Dengan menghadirkan emulasi dari Solid State Logic 4000 E console yang merupakan mixing console legendaris, anda dapat menghadirkan karakter analog dari console tersebut dalam system digital anda. Karena Softube tidak hanya mengemulasi karakter input dari console tersebut, melainkan juga processor yang terdiri dari EQ dan dynamics. Selain menggunakan console, dalam analog workflow pastinya juga terdapat outboards yang diaplikasikan sebagai ‘insert’ dalam memproses signal audio. Lewat plug-ins Softube yang bervariasi, karakter outboards seperti Tube-Tech, Summit Audio, ataupun Trident EQ dapat dengan mudah diaplikasikan melalui Softube Console 1.

Inovasi Softube tentu tidak hanya sampai disitu. Selain ‘hands-on control’ lewat penggunaan hardware unit, tampilan visual yang interaktif juga tersedia pada Softube Console 1. Hal ini akan membuat analog worklow anda menjadi lebih ‘modern’ dan efektif. Karena visual display dari Softube Console 1 akan menampilkan informasi detail tentang parameter plug-ins beserta meter bridge untuk setiap channel bank yang dipilih. Artinya, anda dapat melakukan mixing tanpa harus terpaku pada tampilan DAW dan merasakan analog workflow yang sesungguhnya dengan Softube Console 1. Selamat mencoba!

  • Softube merupakan sebuah perusahaan yang memproduksi hardware dan software bagi kebutuhan industri audio. Berbasis di Swedia, perusahaan satu ini benar-benar mengembangkan teknologi emulation atau simulasi yang akurat dari hardware professional audio serta menciptakan audio plug-ins berkualitas dengan CPU load yang rendah. www.softube.com