Stay Connected
Need Help? Call +62-21-8356113
Extended Warranty
Rupert Neve Designs: Kebangkitan Dari Sang Electronic Designer Legendaris

Saya sangat yakin bagi kalian yang familiar dengan audio gears, pastinya nama Neve sudah tidak asing lagi. Tetapi, mungkin banyak yang belum mengetahui bahwa merek Neve awalnya berasal dari nama belakang sang designer itu sendiri. Yang tidak lain adalah Rupert Neve. Sejak kecil, Rupert Neve memang tertarik dengan sirkuit elektronik. Hal ini dibuktikannya dengan memulai untuk mereparasi radio, hingga menciptakan radio buatannya sendiri.

Pada usia 17 tahun, Rupert Neve bergabung dengan angkatan militer Kerajaan Inggris yang pada saat itu sedang terlibat dalam perang dunia kedua. Tergabung dalam divisi Royal Signals yang merupakan detasemen komunikasi bagi angkatan darat, Rupert Neve pun makin memantapkan langkahnya dalam dunia elektronik. Hal yang menarik dan cukup bersejarah adalah ketika Rupert Neve menciptakan PA system yang digunakan oleh Putri Elizabeth (sekarang ratu) dan perdana menteri Inggris Winston Churchill pada era itu.

Pada era tahun 50-an, Rupert memulai karir serius di bidang elektronik dengan bergabung bersama CQ Audio yang merupakan produsen Hi Fi system. Seiring bertambahnya pengalaman, Rupert Neve mulai mendesain mixer atau console yang akan digunakan dalam pagelaran musikal Shakespeare. Ini merupakan tonggak bersejarah dimana Rupert Neve mulai menggali sisi desainer dari kepiawaiannya terhadap sirkuit elektronik. Bak gayung pun bersambut, kepiawaiannya pun makin diperlukan ketika era pop musik meledak di London pada era 60-an. Revolusi musik yang baru pastinya memerlukan alat-alat berteknologi yang dapat memproses suara bagi musik modern pada era itu.

Kreasi Rupert pada era itu diantaranya dua console tabung yang dibuat khusus untuk Leo Pollini dari Recorded Sound Ltd, London. Sebagai desainer, pastinya Rupert Neve terus mengeksplorasi untuk pengembangan teknologi yang akan diterapkan dalam kreasinya. Pada tahun 1964, Rupert mulai mengembangkan alat-alat berbasis transistor yang menggantikan desain tabung konvensional. Klien pertama Rupert untuk alat-alat berbasis transistor pada waktu itu adalah Phillips Record Ltd yang membutuhkan equalizer untuk mengubah keseimbangan tonalitas daripada suara yang sudah direkam sebelumnya. Sebagai info, pemikiran ini ada sebelum era multi-track tape machine. Kesuksesan Rupert Neve dengan EQ ini membuat Phillips dan studio rekaman lainnya mulai untuk memesan console buatan Neve yang akhirnya menjadi Console pilihan bagi studio-studio ternama.

Tahun 1975 merupakan fase baru bagi Neve. Untuk membiayai pengembangan, perusahaan Neve dijual kepada sebuah perusahaan Inggris yang pada akhirnya menjual Neve kepada Siemens group (perusahaan induk AMS) pada tahun 1985. Pada era ini, Rupert dan evelyn istrinya, membuat sebuah perusahaan konsultan yang dinamai ARN, bergerak di bidang sound reinforcement serta acoustics. Selain daripada itu, Rupert dan Evelyn juga membuat sebuah perusahaan baru yang bernama Focusrite Ltd. Di bawah kepemimpinan suami istri ini, sebuah proyek untuk membangun delapan unit console berteknologi tinggi pun diambil oleh mereka. Sayangnya, bagian control digital yang diluar kepiawaian Neve tidak dapat diselesaikan tepat waktu dan membuat perusahaan ini dilikuidasi tahun 1989. Sejak itu, Rupert Neve tidak pernah mendesain produk untuk Focusrite Audio Engineering Ltd.

Perusahaan konsultan Neve, ARN, juga cukup berjasa dalam pengembangan teknologi produk AMEK yang memproduksi outboards dan console. Neve cukup lama bekerja sama dengan AMEK, hingga pada tahun 1993 muncul wacana bagi Neve untuk memindahkan bisnisnya ke Amerika demi pencakupan pasar dunia. Benar saja, pada bulan November 1994, Rupert dan Evelyn beremigrasi ke Wimberley, Texas beserta perusahaannya yang bernama ARN Consultants, LLC. Banyak proyek yang dikerjakan di bawah bendera ARN Consultants, tetapi tidak sedahsyat tahun 2005, dimana ARN Consultants, LLC berubah menjadi merek dagang Rupert Neve Designs, LLC.

Dengan terus melakukan inovasi serta pengembangan desain, Rupert Neve Designs menghadirkan produk-produk yang menjawab kebutuhan para praktisi audio. Mulai dari analog console berdesain modular (5088), signal processor PORTICO series yang portable, hingga kebutuhan analog summing yang dihadirkan lewat 5059 Satellite dan 5060 Centerpiece. Hal ini menjadikan Rupert Neve Designs sebagai produsen pro audio gear yang sarat dengan sejarah serta pengembangan teknologi yang tidak diragukan lagi kemampuan dan kualitasnya. Viva La Resolucion! -ryr