Stay Connected
Need Help? Call +62-21-8356113
Extended Warranty
Konser 'The Rescue' Sidney Mohede Menggunakan Vue Audiotechnik Speakers dan Yamaha CL Console

Sidney Mohede merupakan seorang penyanyi dan pencipta lagu yang namanya sudah tidak asing lagi bagi penikmat lagu rohani/Christian Music. Belum lama ini, Sidney Mohede menggelar konser bertajuk ‘The Rescue’ yang diadakan di Upper Room Jakarta. ‘The Rescue’ diambil dari judul album Sidney Mohede yang semua lagunya menggunakan bahasa Inggris dan ditujukan bagi pasar internasional. Dalam album ini, Sidney Mohede juga berkolaborasi dengan musisi internasional seperti Israel Houghton dan Chris Tomlin. Tak ketinggalan arranger ternama tanah air, Andi Rianto yang juga ikut andil dalam salah satu proses aransemen lagu di album ini.

Konser yang bertempat di Upper Room Jakarta ini tentunya mendapat dukungan penuh dari Soundworks selaku penyedia sistem tata suara. Untuk kebutuhan F.O.H, konser kali ini menggunakan speaker compact line array buatan VUE Audiotechnik tipe al-8 dan HS28 subwoofer. Dilihat dari jenis speaker yang merupakan line array system, speaker VUE al-8 tentunya dapat dengan mudah memenuhi SPL coverage di Upper Room yang merupakan indoor venue.

Selain daripada itu, al-8 Line Array System juga didukung V6 system engine yang merupakan DSP Processor dan power amp bagi sistem al-8. Dalam konser kali ini, Soundworks menggunakan empat al-8 acoustic element yang dikontrol oleh satu unit V6 system engine untuk setiap blok line array system. Tentunya dilengkapi dengan onboard SytemVUE yang membuat speaker management dan control lebih mudah lewat akses SystemVUE Control Software.

Sistem efisien yang diterapkan Soundworks juga terlihat dari penggunaan Yamaha CL5 dan Rio I/O rack. Dilihat dari spesifikasi, Yamaha CL5 memiliki 72 mono inputs dan 8 stereo inputs. Hal ini tentunya sangat sesuai bagi kebutuhan konser Sidney Mohede yang memerlukan jumlah input +/- sebanyak 60 channel. Untuk urusan routing dan networking, Rio I/O rack yang dilengkapi Dante Network Protocol pastinya akan memudahkan dalam hal operasional dimana ‘snake cable’ pada system konvensional digantikan dengan CAT5 cable/Ethernet. Tentu akan menambah fleksibilitas pada sistem tanpa melupakan faktor efisiensi.

Pada akhirnya, hal yang terpenting adalah bagaimana kualitas suara daripada sistem yang dipakai dalam konser ini. Harmoko Aguswan yang bertugas sebagai FOH Engineer konser ini menyebutkan, “Secara keseluruhan, output suara daripada Vue al-8 memiliki keseimbangan frekuensi yang sangat baik dan SPL coverage yang cukup merata. Venue yang sudah ditata secara akustik juga memudahkan proses mixing.” Hasilnya, perpaduan antara system, kualitas ruangan, serta kerja sama team yang sangat erat membuat konser berdurasi sekitar 2 jam ini berlangsung dengan lancar. ryr