Stay Connected
Need Help? Call +62-21-8356113
Extended Warranty
Focal SM9: DUA Speaker dalam SATU Box

Siapa yang tidak kenal dengan brand Focal. Sebagai produsen speaker sejak tahun 70-an, Focal telah banyak melakukan riset dan pengembangan dalam hal monitoring. Hal ini cukup terlihat pada salah satu produk high-end mereka yang dinamakan SM9. Sebuah speaker monitor yang menawarkan dua speaker dalam satu desain box/cabinet yang unik. Mari kita telusuri lebih lanjut keunikan dari speaker ini.

FOCUS Mode

Seperti yang disebutkan di atas, salah satu keunikan speaker ini adalah dapat berfungsi sebagai dua speaker. Yaitu sebagai 3-way speaker atau 2-way speaker yang dapat diaktifkan melalui ‘FOCUS’ switch pada bagian samping speaker. Ketika speaker ini dalam mode 2-way pastinya akan memberikan kemudahan dalam memonitor posisi mid-range frequency dalam mix. Selain itu dapat berfungsi juga sebagai ‘second reference’ monitor dimana ketika FOCUS mode aktif, respons speaker ini berubah dari 30Hz-40kHz (+/- 3dB) menjadi 90Hz-20kHz (+/- 3dB). Menyerupai respons dari ‘consumer playback system’ seperti televisi, radio, speaker mobil maupun internal speaker pada peralatan media portable.

Passive Radiator

Fitur yang satu ini akan aktif ketika speaker dalam mode normal (FOCUS mode off) atau 3-way. Fungsinya adalah memaksimalkan kerja subwoofer dalam mereproduksi sub frequency. Dengan memanfaatkan energi yang dihasilkan subwoofer, passive radiator yang terdiri dari piston yang terbuat dari “W” cone sandwich dan inverted surround radiator ini akan menjangkau frequency lebih rendah tanpa adanya air flow noise.

“W” Cone Sandwich

Selama lebih dari 15 tahun Focal telah mengembangkan teknologi sandwich cone dari material composite (campuran). Dengan proses yang mereka sebut “W” ini campuran dari serbuk kaca dan foam/busa di-press menjadi satu. Keseimbangan massa, kekuatan, serta damping dari material tersebut yang akhirnya akan memaksimalkan frequency response dan menghadirkan karakter netral khas Focal.

Pure Beryllium inverted dome tweeter

Karakter speaker yang detail serta stereo image yang akurat tentunya juga dipengaruhi oleh teknologi ‘inverted dome’ serta material tweeter yang digunakan. Dengan teknologi ‘inverted dome’ output tweeter bisa menjadi lebih optimal tanpa membutuhkan energy besar. Selain itu penyebaran high frequency dapat lebih merata. Material Beryllium dipilih karena respons dan sustain yang baik terhadap high frequency sehingga kinerja tweeter menjadi lebih optimal.

Apabila kita lihat dari fitur dan material yang digunakan, sangatlah jelas bahwa speaker ini menawarkan inovasi nyata dalam teknologi speaker monitor. Pengembangan material serta komponen yang didukung dengan teknologi pada akhirnya membuat speaker ini memiliki frequency response sangat baik, stereo image yang akurat, efektif, dan karakter suara yang detail. Jadi tidaklah heran apabila sound engineer sekelas Cenzo Townshend (U2, Snow Patrol, Florence + The Machine) ataupun mastering engineer David ‘Dave’ Kutch (Alicia Keys, The Roots, Outkast) beralih menggunakan Focal SM9. Bagaimana dengan anda? Selamat mencoba! -ryr