Stay Connected
Need Help? Call +62-21-8356113
Extended Warranty
Empirical Labs DocDerr: Multi-Purpose Tone Enhancement Module

Kehadiran API 500 series module dalam dunia Pro Audio gears tentu membawa ‘angin segar’ bagi para pecinta outboards. Bagaimana tidak, dengan harga jual yang lebih ekonomis serta faktor ergonomis menjadikan outboards dalam format ini pilihan favorit para musisi/engineer. Empirical Labs pun tak mau ketinggalan dalam evolusi outboards abad ini. Terkenal dengan inovasi compressor mereka yang bernama ‘Distressor’, pabrikan Pro Audio yang berbasis di New Jersey, USA ini turut mengembangkan 500 series module yang dinamakan DocDerr.

Overview

Ketika melihat sekilas tampilan alat ini, pastinya banyak orang yang langsung mengetahui bahwa ini adalah sebuah equalizer (EQ). Tapi, apabila diperhatikan lebih lanjut ada dua knob dengan label ‘IN’ dan ‘MIX’. Yang biasanya bukan merupakan fitur dari outboard EQ. Lalu, apa kegunaan dua knob tersebut?

Inilah yang menjadikan DocDerr berbeda dari 500 series EQ module yang lain. Selain memiliki 3-band EQ section, Empirical Labs menambahkan line amp section yang dapat digunakan pada line/instrument level. Jadi, anda dapat menambahkan gain sebanyak 16dB lewat knob ‘IN’ tersebut.. Tidak hanya itu, pada DocDerr juga terdapat dynamics section serta tape emulation circuit yang dapat diatur tingkat saturasinya lewat knob ‘MIX’. Walaupun parameter dynamics tidak tersedia pada alat ini, anda tetap dapat mengatur seberapa agresif dynamics processing dari alat ini lewat kombinasi knob ‘IN’ dan ‘MIX’.

Penggunaan

Bicara soal suara, Empirical Labs memang memiliki keunikan tersendiri. Tidak terkecuali dengan 500 series mereka yang bernama DocDerr. Fitur line amp ‘IN’ sangat berguna untuk memberi ‘bumbu’ pada signal DI dari instrument anda ketika tracking. Ditambah dengan sikuit EQ, saturasi compressor dan tape emulation, tentu bisa menjadi senjata pamungkas anda dalam ‘memoles’ line/instrument signal. Singkatnya, baik itu sebagai pembentuk tonalitas ketika tracking ataupun ‘memoles’ karakter signal ketika mixing, Empirical Labs DocDerr patut anda coba!