Stay Connected
Need Help? Call +62-21-8356113
Extended Warranty
Apa Sih Sebenarnya Analog Summing?

Apabila kita kembali ke jaman analog, tentu peran ‘summing’ dalam mixdown (menyatukan multi-track signal menjadi 2 track stereo) akan dikerjakan oleh console/mixer yang memang menjadi persenjataan utama bagi sebuah studio. Tapi, seiring dengan evolusi sistem audio yang beralih ke digital, perubahan workflow dan alat-alat studio pun tak terhindarkan. Misalnya dalam hal mixer/ console, banyak studio yang mulai meninggalkan mixer berukuran besar atau mixer dengan jumlah channel yang banyak (40+ i/o). Alasannya, maintenance atau perawatan yang dibutuhkan untuk console analog cukup memakan biaya. Selain itu, faktor ‘recall’ atau mengembalikan settingan console sesuai dengan mix session tertentu pastinya memakan waktu. Yang terkadang tidak sesuai dengan tuntutan industri yang menginginkan semuanya ‘serba cepat’

Studio with console setup

Hal seperti inilah yang menjadi pendorong para gear designer untuk menciptakan line mixer bagi keperluan summing. Ketika kita berbicara soal hybrid workflow atau penggunaan sistem DAW yang diintegrasikan dengan analog gears, analog summing mungkin bisa dibilang solusi terbaik. Dimana efisiensi sistem digital dikombinasikan dengan karakter suara dan ‘headroom’ dari analog gears.

Chandler Mini Mixer

Apabila dibandingkan dengan sistem mixing ‘in the box’ (hanya menggunakan audio interface tanpa adanya analog gears) urusan ‘headroom’ memang seringkali dirasa terbatas. Ditandai dengan signal di mix buss atau master fader anda yang selalu mendekati ‘clipping point’ ataupun malah ‘clipping’ /‘peak’ sebelum anda selesai dengan track yang anda mix.

RMS 216 FOLCROM passive summing device

Phoenix Audio Nicerizer 16

Tetapi, hal ini juga bergantung pada bagaimana anda mengoperasikan sistem tersebut. Bukan berarti ketika anda menggunakan analog summing, hasil mix anda yang tadinya jelek akan menjadi bagus. Semuanya tergantung pada teknik mixing dan kuping anda, analog summing hanya akan membantu dalam efisiensi hybrid workflow serta meningkatkan kualitas produksi anda. Selamat mencoba!