Stay Connected
Need Help? Call +62-21-8356113
Extended Warranty
A/D Converter Sebagai Bagian dari ‘Signature Sound’

Dalam dunia produksi berbasis digital,sebuah converter pastinya mempunyai peranan yang sangat penting. Baik itu merupakan converter analog to digital (A/D) maupun digital to analog (D/A). Tetapi sebelum membahas lebih jauh tentang peran A/D converter dalam membentuk ‘signature sound’, ada baiknya bila anda mendapat gambaran terlebih dahulu tentang peranan dasar dari sebuah A/D D/A converter.

Avid HD I/O (audio interface + A/D D/A converter)


Pada dasarnya A/D D/A converter adalah sebuah alat yang dapat mengubah signal analog berupa voltase menjadi binary code sehingga dapat dibaca oleh sistem computer (digital) vice versa. Jadi, dapat disimpulkan bahwa converter merupakan sebuah jembatan yang menjadi penghubung antara signal audio analog anda dengan sistem digital. Tapi banyak di antara kita yang menyangka bahwa converter tidak akan memberikan ‘artifak’ atau karakter suara tertentu. Walaupun sebenarnya setiap manufaktur memiliki standard dan visi tersendiri dalam memproduksi converter yang pada akhirnya menjadikan setiap converter memiliki hasil konversi atau proses pengubahan yang berbeda.

Forssell MADA-2 (2 channel A/D D/A converter)


Kembali ke topik bahasan kita mengenai A/D converter sebagai bagian dari ‘signature sound’, sekarang ini mulai banyak ditemukan converter dengan ‘tambahan bumbu’. Maksudnya adalah para produsen audio gears professional mulai menyadari pentingnya membuat sebuah converter yang mempunyai karakter audio tersendiri. Baik itu tambahan fitur berupa emulasi karakter tabung atau tape machine seperti pada Crane Song HEDD 192 ataupun dengan tambahan custom transformer seperti yang dilakukan Rich Williams sang desainer Burl B2 Bomber A/D converter (yang juga merupakan otak di balik converter Universal Audio 2192)

Burl Audio B2 Bomber A/D converter


Konsep awal Burl Audio dari setiap desain converter yang akan mereka produksi adalah memberikan komponen dan signal path terbaik. Karena mereka menyadari bahwa standard komponen dari audio interface/converter generik tidak sebanding dengan kualitas komponen dari outboard analog yang banyak dipakai oleh studio professional. Karena itu mereka membuat desain ‘hybrid circuit’ dimana Burl BX1 transformer berada pada input stage dari converter yang mereka produksi. Yang apabila digabungkan dengan discrete class-A, zero-feedback, dan zero capacitor signal path akan menghasilkan perpaduan dinamika dan tonalitas yang seimbang.

Burl B2 Bomber with BX1 Transformers


Jadi untuk memberikan sentuhan ‘signature sound’ dari setiap project yang anda kerjakan, sekarang anda juga dapat mempertimbangkan pengaruh dari external converter. Khususnya sebuah A/D converter dimana alat itu akan menjadi ‘icing on the cake’ atau sentuhan akhir sebelum anda melakukan mix print dan menyerahkan hasilnya ke klien. Selamat mencoba! Viva la Resolucion. -ryr